Evaluasi Sebagai Penentu Keberhasilan di Dunia Pendidikan

· Uncategorized
Penulis

Manusia sebagai khalifah di muka bumi ini setiap waktu selalu berupaya meningkatkan kualitas keilmuannya, upaya peningkatan dan pengembangan ilmu dan pengetahuan itu telah dilakukan baik oleh Pemerintah maupun individu. Disamping itu ilmu pengetahuan terus berkembang dengan sangat pesat, sehingga dibutuhkan kompetensi yang baik agar selalu dapat bersaing dan eksis dalam era yang kompetitif dan dinamis ini.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 pasal 3 mengemukakan tujuan pendidikan nasional sebagai berikut:
Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Salah satu faktor penting untuk menghasilkan produk pendidikan yang baik adalah “evaluasi pendidikan”. pengetahuan tenaga pendidik/tenaga kependidikan terhadap “evaluasi Pendidikan” merupakan hal mutlak yang harus dimiliki. Namun pengetahuan saja tentunya tidak cukup untuk menciptakan proses “evaluasi” yang baik, perlu mengaplikasikan pengetahuan tentang evaluasi tersebut serta memadukan dan mengkreasikan sistem evaluasi agar tercipta proses evaluasi yang baik.
Secara harfiah kata evaluasi berasal dari bahasa inggris evaluation, dalam bahasa arab al-taqdir; dalam bahasa indonesia berarti: penilaian. Evaluasi pendidikan adalah: suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana untuk memperoleh sejumlah data mengenai hasil belajar, sekaligus untuk memberikan informasi sejauh mana hasil belajar tersebut telah mencapai tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetatapkan sebelumnya, yang selanjutnya dijadikan acuan untuk perbaikan proses pembelajaran. Fungsi Evaluasi di dalam pendidikan tidak dapat dilepaskan dari tujuan evaluasi itu sendiri yakni untuk mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan sejauh mana proses pendidikan itu telah memberikan peningkatan kepada peserta didik.
fungsi evaluasi dalam pendidikan adalah sebagai berikut: Penilaian berfungsi selektif,Penilaian berfungsi diagnostik,Penilaian berfungsi sebagai penempatan, Evaluasi berfungsi sebagai pengukur keberhasilan,
Dalam melaksanakan evaluasi pendidikan hendaknya dilakukan secara sistematis dan terstruktur. Sebagaimana telah dikemukakan sebelumnya bahwa evaluasi pendidikan secara garis besar melibatkan 3 unsur yaitu input, proses dan out put. Apabila prosesdur yang dilakukan tidak bercermin pada 3 unsur tersebut maka dikhawatirkan hasil yang digambarkan oleh hasil evaluasi tidak mampu menggambarkan gambaran yang sesungguhnya terjadi dalam proses pembelajaran. Prosedur atau Langkah-langkah dalam melaksanakan kegiatan evaluasi pendidikan secara umum mencakup, perencanaan pengumpulan data, verifiksi data, pengolahan data ,penafsiran data. Kemudian para pakar dalam bidang evaluasi pendidikan merinci kembali kegiatan evaluasi hasil belajar kedalam enam pokok, yaitu: menyusun rencana evaluasi hasil belajar;menghimpun data;melakukan verifikasi data;mengolah dan menganalisis data;memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan;tindak lanjut hasil evaluasi. interpretasikan data tersebut secara berkesinambungan dengan tujuan evaluasi sehingga akan tampak hubungan sebab akibat. Apabila hubungan sebab akibat tersebut muncul maka akan lahir alternatif yang ditimbulkan oleh evaluasi itu.
Apabila rentetan kegiatan evaluasi telah dilakukan dengan benar, tentunya produk pendidikan yang dihasilkan akan lebih baik. Akhirnya tentu kita selalu berharap agar Guru di Negeri ini senantiasa melakukan asimilisi dan akomodasi terhadap ilmu yang dimilikinya guna menjawab tantangan hidup anak Bangsa kedepan yang semakin dinamis, dan tak menentu…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: